Asabri | Senin, 20 Januari 2014
Asabri | Senin, 20 Januari 2014
20 Januari 2014
Seperti kita ketahui bersama pada suatu organisasi/perusahaan yang mengedepankan sistem. Keberadaan Standar Operating Procedure (SOP) merupakan hal yang mutlak. SOP merupakan acuan kerja yang dapat dijadikan pedoman standar dalam bekerja disemua unit kerja yang ada disuatu perusahaan, sehingga pekerjaan dapat diselesaikan dengan baik, cepat, tepat, efektif dan efisien.
Dengan adanya SOP, bisa digunakan untuk mengkomunikasikan sekaligus menyamakan persepsi antara berbagai pihak yang terlibat dalam rangkaian proses bisnis. SOP juga digunakan sebagai media pengendalian dan pemantauan mutu kinerja pada suatu fungsi, menghindari konflik antar fungsi atau saling lempar tanggungjawab, yang dapat berakibat pada menurunnya pelayanan dan kinerja organisasi.
Selain beberapa hal yang saya ungkapkan tersebut ada beberapa alasan yang melatarbelakangi mengapa perusahaan membutuhkan adanya standard operating procedure (sop) sebagai berikut :
1. Sebagai standarisasi cara yang dilakukan pegawai dalam menyelesaikan pekerjaan yang menjadi tugasnya.
2. Menghindari tumpang tindih pelaksanaan tugas.
3. Memudahkan penelusuran untuk memastikan bahwa setiap dokumen atau tahapan proses yang dijalankan dapat dipelajari dan teridentifikasi . sehingga apabila ditemukan permasalahan yang terkait dengan output proses maka akan dapat teridentifikasi asal mula permasalahan tersebut untuk kemudian ditetapkan cara pemecahannya terhadap permasalahan yang ada tersebut.
Dalam hal ini Manajemen Asabri memberikan arahan kepada Kepala Divisi untuk mengirimkan para personilnya agar mengikuti diklat untuk membuat dan menyusun SOP yang baru sesuai dengan Divisi kerjanya masing-masing. Kegiatan yang dilaksanakan selama 3 hari 15-17 Januari 2014 tidak hanya diajarkan cara pembuatannya tetapi para pegawai diwajibkan untuk membuat SOP alur kerjanya masing-masing dan di presentasikan untuk dibahas bersama. Sehingga pada saat melakukan tugasnya dapat lebih maksimal dan memberikan kontribusi yang baik bagi perusahaan untuk dapat mewujudkan pelayanan yang prima