Call Center : 1500043
  • E-PROC
  • Formulir
    • Formulir Pelayanan
    • Formulir Pajak
    • Formulir PUM KPR
  • Profil Perusahaan
    • Sejarah
    • Status dan Kedudukan
    • Visi dan Misi
    • Landasan Brand
    • Struktur Organisasi
    • Manajemen
    • Jaringan Layanan Kantor Cabang
    • Mitra Kerja Rumah Sakit
  • Produk & Persyaratan
    • Program Sebelum 1 Juli 2015
      • Pensiun
      • Santunan
    • Program Mulai 1 Juli 2015
      • Program Tabungan Hari Tua (THT)
      • Program Jaminan Kecelakaan Kerja (JKK)
      • Program Jaminan Kematian (JKm)
      • Program Pensiun
      • Program PUM KPR
      • Program Pinjaman Polis
    • Buku Informasi Program Layanan
    • Program Mulai 30 September 2020 (PP 54/2020)
      • Program Jaminan Kecelakaan Kerja (JKK) PP 54
      • Program Jaminan Kematian (JKm)
    • Program Manfaat Tambahan
      • Program Manfaat Tambahan PUM KPR
      • Program Taspen Dwiguna Sejahtera
      • Program Taspen Proteksi Beasiswa
      • Program Prodia dan ASABRI
  • Publikasi
    • Berita Kegiatan
    • Galeri
    • Majalah ASABRI
    • Buletin ASABRI
  • Produk Hukum
    • Peraturan
  • Tata Kelola Perusahaan
    • Tata Kelola Perusahaan
  • FAQ
    • FAQ
  • Keterbukaan Informasi Publik
    • Profil PPID
    • Regulasi PPID
    • Informasi yang diumumkan secara berkala
    • Informasi yang tersedia setiap saat
    • Informasi yang diumumkan secara serta merta
    • Daftar Informasi Publik (DIP)

Berita Utama

Asabri / Artikel / Detail Berita

Asabri | Jum'at, 14 Maret 2014

ASABRI MENGUDARA DI LAMPUNG

Asabri | Jum'at, 14 Maret 2014

ASABRI MENGUDARA DI LAMPUNG

Hari selasa tanggal 11 Maret 2014 menjadi hari yang spesial bagi KCP PT. ASABRI (Persero) Bandar Lampung, karena untuk pertama kalinya ASABRI KCP Bandar Lampung mengudara bersama RRI Pro 1 dalam rangka sosialisasi program ASABRI kepada peserta di wilayah provinsi Lampung demi mewujudkan pelayanan 4S dan 5T.

Acara dipandu oleh Bapak Tohir selaku penyiar dan dihadiri pula oleh pengamat dari media cetak lokal Bapak Umar dan disiarkan secara ON AIR dari studio PRO 1 RRI Lampung, siaran yang berdurasi selama 60 menit tersebut merupakan momen berharga bagi ASABRI KCP Bandar Lampung yang diwakili oleh Bapak Sugih Sunatriyo selaku Kepala Cabang Pembantu sekaligus narasumber untuk serinci-rincinya menjelaskan tentang program pelayanan ASABRI secara menyeluruh kepada peserta ASABRI baik yang masih aktif maupun yang telah pensiun.

Pada awal sesi wawancara penyiar mengajukan pertanyaan kepada narasumber tentang latar belakang, visi & misi serta tugas dan kewajiban ASABRI kepada pesertanya, kemudian dijelaskan secara singkat namun jelas oleh Sugih bahwa latar belakang berdirinya ASABRI ialah untuk mewadahi anggota TNI, Polri & PNS Kemhan/Polri yang pada saat itu seluruhnya merupakan peserta TASPEN, namun dalam perjalanannya seiring dengan perbedaan beban resiko tugas yang ditanggung oleh anggota TNI,Polri & PNS Kemhan/Polri dan beberapa alasan lain maka pada tanggal 1 Agustus 1971 dibentuklah Perum ASABRI sebagai perusahaan untuk mewadahi beban resiko tugas dari anggota TNI, Polri & PNS Kemhan/Polri tersebut. Dalam menjalankan tugas-tugasnya ASABRI berpatokan kepada visi perushaan yaitu menjadi perusahaan pengelola asuransi sosial nasional yang mampu memberikan manfaat yang oprimal dalam pelaksanaan kegiatan pembayaran asuransi dan pensiun serta pelayanan terbaik bagi peserta dengan tetap memperhatikan kesejahteraan pegawai dan demi mewujudkan visi tersebut ASABRI senantiasa melaksanakan misi yaitu selalu berusaha meningkatkan kesejahteraan prajurtit TNI, anggota Polri & PNS Kemhan/Polri dalam memberikan pelayanan asuransi dengan prinsip 5T (Tepat Waktu, Tepat Alamat, Tepat Orang, Tepat Jumlah dan Tertip Administrasi) dan 4S (Senyum, Salam, Sapa dan Sabar) yang dilandasi keakuratan data berbasis IT dan didukung sarana /prasarana pekayanan yang maksimal serta SDM yang profrsional.

Selain itu ditanyakan pula mengenai produk-produk yang dilayani oleh PT. ASABRI khususnya KCP Bandar Lampung kepada para pesertanya, dijabarkan oleh kepala KCP Bandar Lampung bahwa saat ini PT. ASABRI melayani anggota TNI, Polri & PNS Kemhan/Polri meliputi 9 produk asuransi yaitu Santunan Asuransi (SA), Santunan Nilai Tunai Asuransi (SNTA), Santunan Resiko Kematian (SRK) , Santunan Resiko Kematian Khusus (SRKK), Santunan Cacat Karena Dinas (SCKD), Santunan Cacat Bukan Karena Dinas (SCBKD), Santunan Biaya Pemakaman (SBP), Santunan Biaya Pemakaman Isteri/Suami (SBPI/S) dan Santunan Biaya Pemakaman Anak (SBPA). Selain itu ASABRI juga mengelola dan membayarkan pensiun kepada anggota purnawirawan TNI, Polri & PNS Kemhan/Polri melalui mitra-mitra bayar baik Bank maupun Posindo yang tersebar diseluruh wilayah Provinsi Lampung.

Selama berlangsungnya siaran banyak sekali pertanyaan baik dari penyiar maupun Para pendengar mengenai hal krusial dan contoh kasus permasalahan yang selama ini dialamai oleh pensiunan. Sebagai contoh banyaknya penipuan-penipuan yang mangatasnamakan PT. ASABRI (Persero) dengan dalih mengiming-imingi hadiah kepada pensiunan, ada pula tentang sistematika pelaporan Surat Pernyataan Tanda Bukti Diri (SPTB), persyaratan mengajukan pensiun dan banyak hal lain mengenai permasalahan pensiun khususnya pensiunan ASABRI.

Diakhir wawancara Bapak Sugih Sunatriyo selaku Kepala KCP Bandar Lampung menghimbau kepada seluruh peserta ASABRI agar senantiasa waspada terhadap modus-modus penipuan yang mengatasnamakan PT. ASABRI dan apabila menerima informasi tersebut agar segera menghubungi ASABRI untuk mengkonfirmasi kebenarannya, selain itu KCP Bandar Lampung akan selalu rutin dalam aktifitas sosialisasi kepada satuan-satuan baik di lingkungan TNI maupun Polri serta organisasi PEPABRI yang mana hal ini sudah rutin dilakukan oleh KCP Lampung sejak KCP diresmikan pada 6 Juli 2011 dan telah menjangkau lebih dari 90 % wilayah Provinsi Lampung, diharapkan dengan sosialisasi tersebut informasi tentang ASABRI akan merata sampai kepada para anggota TNI, Polri & PNS Kemhan/Polri serta Purnawirawan di wilayah Provinsi Lampung sehingga para peserta baik yang masih aktif maupun yang sudah purna mengetahui dengan pasti tentang hak dan kewajiban sebagai peserta ASABRI.

BERITA UTAMA

Komitmen Nyata ASABRI untuk Perlindungan Keluarga Peserta

Asabri | Selasa, 17 Juni 2025

PT ASABRI (Persero) Raih Penghargaan TOP CSR Awards 2025

Asabri | Selasa, 17 Juni 2025

Call Center
Call Center : 1500043
WhatsApp Asuransi & Pensiun: 0812-8237-1518 / 0812-8237-1519
WhatsApp Perawatan: 0811-1622-133
WhatsApp Asabri Care: 081-1971-0801
Email: asabri@asabri.co.id
Whistleblowing System
Anda Lihat Kecurangan ?
klik disini
Alamat
Gedung Asabri
Jl. Mayjen Sutoyo, No. 11, Jakarta 13630
All rights reserved.
Call Center

Call Center : 1500043
WhatsApp Asuransi & Pensiun :
0812-8237-1518 / 0812-8237-1519
WhatsApp Perawatan: 0811-1622-133
WhatsApp Asabri Care: 081-1971-0801
Email : asabri@asabri.co.id

Whistleblowing System

Anda Lihat Kecurangan ?
klik disini

Alamat

Gedung Asabri
Jl. Mayjen Sutoyo, No. 11, Jakarta 13630

All rights reserved.