• Formulir
    • Formulir Pelayanan
    • Formulir Pajak
    • Formulir PUM KPR
  • Profil Perusahaan
    • Sejarah
    • Status dan Kedudukan
    • Visi dan Misi
    • Landasan Brand
    • Struktur Organisasi
    • Manajemen
    • Jaringan Layanan Kantor Cabang
    • Mitra Kerja Rumah Sakit
  • Produk & Persyaratan
    • Program Sebelum 1 Juli 2015
      • Pensiun
      • Santunan
    • Program Mulai 1 Juli 2015
      • Program Tabungan Hari Tua (THT)
      • Program Jaminan Kecelakaan Kerja (JKK)
      • Program Jaminan Kematian (JKm)
      • Program Pensiun
      • Program PUM KPR
      • Program Pinjaman Polis
    • Buku Informasi Program Layanan
    • Program Mulai 30 September 2020 (PP 54/2020)
      • Program Jaminan Kecelakaan Kerja (JKK) PP 54
      • Program Jaminan Kematian (JKm)
    • Program Manfaat Tambahan
      • Program Manfaat Tambahan PUM KPR
      • Program Taspen Dwiguna Sejahtera
      • Program Taspen Proteksi Beasiswa
      • Program Prodia dan ASABRI
  • Publikasi
    • Berita Kegiatan
    • Galeri
    • Majalah ASABRI
    • Buletin ASABRI
  • Produk Hukum
    • Peraturan
  • Tata Kelola Perusahaan
    • Tata Kelola Perusahaan
  • FAQ
    • FAQ
  • Keterbukaan Informasi Publik
    • Profil PPID
    • Regulasi PPID
    • Informasi yang diumumkan secara berkala
    • Informasi yang tersedia setiap saat
    • Informasi yang diumumkan secara serta merta
    • Daftar Informasi Publik (DIP)
Call Center : 1500043
  • E-PROC

Berita Utama

Asabri / Artikel / Detail Berita

Asabri | Senin, 07 April 2014

PENERAPAN ISO 9001:2008 DI ASABRI

Asabri | Senin, 07 April 2014

PENERAPAN ISO 9001:2008 DI ASABRI

5 April 2014

Sejak Tahun 2012 manajemen ASABRI telah menerapkan Sistem Manajemen Mutu/SMM ISO 9001:2008. Dalam rangka mengimplementasikan sistem tersebut maka ASABRI terus melakukan improvment/perbaikan di semua lini terutama pada sistem pelaksanaan tugas dan fungsi masing masing bidang melalui penyempurnaan dan penyusunan Prosedur/SOP yang ada.

Kemarin pada tanggal 26 27 Maret dan 02 03 April 2014 manajemen ASABRI bersama konsultan ISO melaksanakan penyempurnaan dan penyusunan SOP tahap II tahun 2014. Acara tersebut diselenggaran bertempat di ruang serba guna Lt. 7 gedung ASABRI, Jakarta Timur. Mengapa dikatakan tahap II hal tersebut dikarenakan pada awal Januari 2014 ASABRI telah melaksanakan Workshop penyempurnaan dan penyusunan SOP yang pertama di tahun 2014 bertempat di Bogor, sehingga pelaksanaan pada bulan Maret tersebut merupakan tindak lanjut dari tahap pertama.

Selanjutnya pada pelaksanaan workshop tersebut sebelum melakukan penyempurnaan dan penyusunan SOP diawali dengan memberikan pengetahuan dengan materi sosialisasi ISO 9001:2008 yang berisikan tentang pengenalan ISO, prinsip dasar penerapan ISO, manfaat penerapannya, lalu terkait dengan kesadaran mutu, dan dokumentasi SMM ISO 9001:2008.

Mengapa perlu Sosialisasi ISO ?? Karena manajemen merasa dengan adanya sosialisasi ISO dari semua lapisan yang ada di perusahaan dapat tercipta persepsi yang sama serta bersinergi dalam satu upaya membangun budaya kerja yang berbasis pada ISO 9001:2008 baik dari lini atas sampai bawah. Sehingga apa yang sudah dituangkan kedalam prosedur, diharapkan dapat diimplementasikan didalam pelaksanaan fungsinya masing-masing.

Hal ini seperti dikutip dari info yang ditulis oleh Bp. Khairul Umam, S.T, B.A (Multiple trainning & consultan) bahwa ISO 9001 bukan hanya sekedar membenahi administrasi perusahaan saja. Akan tetapi, jika penerapan ISO 9001 bisa dioptimalkan, ISO 9001 akan menjadi alat yang powerfull untuk mengukur performa perusahaan.

Selain itu sistem manajemen mutu ISO 9001:2008 dapat meningkatkan profit dari suatu perusahaan padahal bila kita melihat klausul-klausul ISO 9001:2008 tak ada satu pun klausul yang membahas urusan finansial. Klausul-klausul ISO 9001:2008 seluruhnya hanyalah membahas masalah sistem; bagaimana membuat target; menjabarkan action plan; membuat perencanaan; melakukan apa yang telah direncanakan; dan mengevaluasi hasil. Kesemua hal ini sejatinya baik secara langsung maupun tak langsung tentu dapat meningkatkan profit perusahaan.

Selain itu untuk lebih meningkatkan keberhasilan implementasi SMM ISO 9001 idealnya harus mengarah pada Manajemen Mutu Terpadu atau TQM (Total Quality Manajemen). Pada prinsipnya sistem manajemen ini adalah pengawasan menyeluruh dari seluruh anggota organisasi terhadap kegiatan yang dilakukan oleh organisasi/perusahaan tersebut. Penerapan sistem ini berarti pula adanya kebebasan untuk berpendapat dan keterbukaan antara seluruh pelaku dalam organisasi/perusahaan, sehingga akan menciptakan iklim dialogis antara staf dengan kepala bidang, antara staf dengan kepala Divisi, serta antara staf, kepala bidang/Divisi dengan Direksi. Secara singkat TQM adalah sistem manajemen yang menjunjung tinggi effisiensi dan sangat meminimalkan proses birokrasi. Dan sistem birokrasi akan menghambat potensi perkembangan organisasi itu sendiri (dikutip dari Yeni_rakuti, 2013).

Berangkat dari keinginan untuk lebih mengoptimalkan pelaksanaan SMM ISO 9001:2008, maka manajemen PT ASABRI (Persero) terus berusaha untuk melakukan sosialisasi dan penyempurnaan prosedur yang didampingi oleh Bp. Hartony, ST, MM & Bp. Risdianto Selaku konsultan ISO. Setelah tanggal 26 27 melakukan sosialisasi serta penyempurnaan dan penyusunan SOP maka dilanjutkan pada tanggal 02 03 April 2014 hasil penyusunan prosedur tersebut dikonsinyeringkan/disosialisasikan didepan penguji perwakilan dari beberapa staf/kepala bidang unit kerja dari unit kerja yang lain yang didampingi oleh konsultan. Selanjutnya baru prosedur dapat disahkan oleh Kepala Divisi dan Direksi terkait.

BERITA UTAMA

Asabri Hadirkan Fasilitas Rawat Inap Baru Di Lanal Palu, Langkah Nyata Untuk Kesehatan Dan Kesejahteraan Rakyat

Asabri | Jum'at, 18 Juli 2025

KOMITMEN ASABRI MEMBANGUN EKOSISTEM KETERBUKAAN INFORMASI

Asabri | Jum'at, 18 Juli 2025

Call Center
Call Center : 1500043
WhatsApp Asuransi & Pensiun: 0812-8237-1518 / 0812-8237-1519
WhatsApp Perawatan: 0811-1622-133
WhatsApp Asabri Care: 081-1971-0801
Email: asabri@asabri.co.id
Whistleblowing System
Anda Lihat Kecurangan ?
klik disini
Alamat
Gedung Asabri
Jl. Mayjen Sutoyo, No. 11, Jakarta 13630
All rights reserved.
Call Center

Call Center : 1500043
WhatsApp Asuransi & Pensiun :
0812-8237-1518 / 0812-8237-1519
WhatsApp Perawatan: 0811-1622-133
WhatsApp Asabri Care: 081-1971-0801
Email : asabri@asabri.co.id

Whistleblowing System

Anda Lihat Kecurangan ?
klik disini

Alamat

Gedung Asabri
Jl. Mayjen Sutoyo, No. 11, Jakarta 13630

All rights reserved.