Call Center : 1500043

Berita Utama

Asabri | Selasa, 30 September 2025

ASABRI LEBIH DEKAT DENGAN PESERTA DAN KELUARGA, MENGABDI UNTUK PERKUAT SINERGI

Asabri | Selasa, 30 September 2025

ASABRI LEBIH DEKAT DENGAN PESERTA DAN KELUARGA, MENGABDI UNTUK PERKUAT SINERGI


Siaran Pers
PR-56/HM.05.01/B/IX/2025

Layanan ASABRI Sorong Hadir di Manokwari, Perkuat Kesejahteraan Peserta ASABRI Aktif dan Pensiun

MANOKWARI 29 September 2025. Di ujung timur Indonesia, Manokwari dikenal bukan hanya sebagai ibu kota Provinsi Papua Barat, tetapi juga sebagai Kota Injil yang menjadi pintu masuk peradaban dan pendidikan di Tanah Papua. Dengan kondisi geografis yang menantang, akses yang terbatas, serta wilayah kepulauan yang tersebar, prajurit TNI, anggota Polri, ASN Kemhan/Polri dan peserta pensiun di Manokwari menghadapi tantangan tersendiri untuk mendapatkan layanan optimal. Di sinilah komitmen PT ASABRI (Persero) menjadi nyatamenghadirkan pelayanan yang dekat, solutif, dan berdampak.

Kantor Cabang PT ASABRI (Persero) Sorong melaksanakan kunjungan kerja ke Manokwari, sebuah langkah strategis yang bertujuan memperkuat sinergi sekaligus memastikan layanan prima bagi Peserta ASABRI aktif, purnawirawan, serta keluarga peserta di wilayah ini. Jumlah peserta ASABRI dan keluarga di Manokwari mencapai lebih dari 15.000 jiwa, sebuah amanah besar yang harus dijaga dan diwujudkan melalui pelayanan yang berkualitas.

Sosialisasi Program di Kodim Manokwari: Menyapa Prajurit, Menguatkan Pemahaman

Kegiatan diawali dengan sosialisasi program ASABRI di Aula Kodim Manokwari, dihadiri puluhan prajurit yang menyimak dengan penuh antusias. Dalam kesempatan tersebut, tim ASABRI menjelaskan secara rinci berbagai manfaat program, mulai dari Tabungan Hari Tua (THT), Jaminan Kecelakaan Kerja (JKK), Jaminan Kematian (JKm), dan Pensiun.

Sosialisasi ini sangat penting untuk memastikan seluruh Peserta ASABRI memahami hak-hak mereka. Kami ingin mereka tahu bahwa ASABRI selalu siap memberikan perlindungan dan layanan terbaik, tidak hanya saat berdinas aktif, tetapi juga hingga masa pensiun, ujar Annugrah Mujito Pratama, Kepala Kantor Cabang PT ASABRI (Persero) Sorong.

Layanan Kunjungan: Membawa ASABRI Lebih Dekat

Tak berhenti di sosialisasi, tim Kantor Cabang ASABRI Sorong juga melaksanakan layanan kunjungan khusus bagi peserta pensiun di Kabupaten Manokwari. ASABRI menjelaskan tentang digitalisasi layanan ASABRI seperti ASABRI STAR dan ASABRI Mobile yang menjadi dua aplikasi penting bagi Peserta ASABRI. Dengan layanan ini, peserta tak perlu lagi menempuh perjalanan jauh ke Sorong untuk sekadar mengurus administrasi atau klaim manfaat. Semua dapat diakses lebih cepat, mudah, dan nyaman di tempat mereka berada.

Salah satu pensiunan yaitu Ny. Riosiana Angelin Lengkey Warakawuri dari Alm. Briptu Rian Valencia Roring sebelumnya bertugas di Polda Papua Barat menuturkan:

"Kami sangat terbantu dengan adanya layanan seperti ini. Tidak perlu jauh-jauh ke Sorong, semua bisa diurus di sini. ASABRI benar-benar peduli dan hadir untuk kami."

Monitoring ASABRI Link: Mengawal Akses Digital di Ujung Timur

Agenda terakhir adalah monitoring titik layanan ASABRI Link. Dengan memastikan sistem berjalan optimal, ASABRI menjamin bahwa prajurit maupun pensiunan tetap mendapatkan akses cepat dan praktis. Kehadiran ASABRI Link di Manokwari menjadi bukti nyata komitmen perluasan jaringan layanan ASABRI melalui kolaborasi dengan Mitra Kerja Pembayaran, sekaligus menjawab tantangan geografis wilayah timur Indonesia.

Dari Sorong ke Manokwari, Dari Nusantara untuk Indonesia

ASABRI memahami bahwa setiap peserta, di manapun mereka beradatermasuk di Manokwariadalah amanah bangsa yang harus dijaga. Kehadiran langsung di tengah prajurit dan pensiunan menunjukkan kesungguhan ASABRI untuk selalu mendekatkan diri, mengabdi, dan memperkuat sinergi.

ASABRI memastikan setiap layanan dan program tersampaikan kepada seluruh Peserta ASABRI dan keluarga dengan sebaik-baiknya. Tidak ada batas jarak yang menghalangi komitmen kami untuk memberikan perlindungan, tegas Annugrah Mujito Pratama, Kepala Kancab ASABRI Sorong.


Komitmen Sejalan dengan Asta Cita

Langkah ASABRI ini selaras dengan Asta Cita Presiden Prabowo Subianto, khususnya dalam pemantapan sistem pertahanan dan keamanan negara. Melalui layanan yang unggul dan akses yang merata, kesejahteraan prajurit dan keluarganya dapat terus terjagakarena kesejahteraan mereka adalah pondasi kokoh pertahanan bangsa.

ASABRI akan terus mendampingi setiap fase perjuangan peserta, dari masa dinas aktif, purnatugas, hingga pensiun. Karena bagi ASABRI, kesejahteraan peserta bukan sekadar kewajiban administratif, melainkan wujud nyata pengabdian untuk negeri.

Kartika Rahmadayanti, Kepala Bidang Komunikasi Korporasi ASABRI, menegaskan:

ASABRI berkomitmen menghadirkan layanan berkualitas, akses yang mudah, dan manfaat yang berdampak di seluruh Indonesia. Apa yang dilakukan di Manokwari dan Sorong adalah bagian dari visi besar ASABRI untuk menjadi Pengelola Asuransi Sosial Tepercaya, Profesional, dan Peduli kepada Kesejahteraan Peserta.

Di Manokwari, di Sorong, dan di seluruh pelosok Nusantara, ASABRI hadir bukan hanya sebagai penyedia layanan, melainkan sebagai sahabat perjuangan yang setia, sepanjang masa.

ASABRI Sahabat Perjuangan Anda Sepanjang Masa.

Tentang PT ASABRI (Persero): PT ASABRI (Persero) adalah Badan Usaha Milik Negara yang bergerak di bidang asuransi sosial untuk prajurit TNI, anggota Polri, ASN Kementerian Pertahanan, dan ASN Polri. Dengan berpegang pada nilai Asta Cita, ASABRI terus memberikan layanan unggul, mengutamakan integritas, dan mendorong inovasi demi mendukung kesejahteraan para pesertanya guna mendukung pemantapan sistem pertahanan keamanan negara. Selain itu, komitmen ASABRI untuk menjaga ketahanan pertahanan dan keamanan nasional dilakukan dengan memastikan kesejahteraan para prajurit dan keluarganya.

Informasi mengenai jaringan rumah sakit ASABRI, dapat diketahui melalui website ASABRI www.asabri.co.id. Komunikasi lebih lanjut tentang layanan perawatan dan pengobatan Jaminan Kecelakaan Kerja dapat dilakukan melalui call center 1500043 atau contact center perawatan di 0811-1622-133.

Untuk informasi lebih lanjut, hubungi:
Humas PT ASABRI (Persero)
humas@asabri.co.id
www.asabri.co.id