Asabri | Jum'at, 21 November 2025
Asabri | Jum'at, 21 November 2025
Siaran Pers
PR-68/HM.05.01/B/XI/2025
PT ASABRI (Persero), sebagai perusahaan BUMN yang berperan dalam pengelolaan asuransi sosial bagi Prajurit TNI, Anggota Polri, serta ASN di lingkungan Kementerian Pertahanan dan Polri, terus menunjukkan kinerja positif dalam pengelolaan aset dan operasionalnya.
Dalam empat tahun terakhir sejak 2020, pertumbuhan rata-rata total aset adalah 12,54% (menggunakan metode Compounded Annual Growth Rate (CAGR)) dari Rp31,07 triliun pada tahun 2020 menjadi Rp49,85 triliun pada tahun 2024. Pencapaian ini mencerminkan keberhasilan perusahaan dalam memperkuat fundamental keuangan sekaligus menjaga kepercayaan para stakeholder guna mencapai visinya untuk menjadi Pengelola Asuransi Sosial yang Tepercaya, Profesional, dan Peduli kepada Kesejahteraan Peserta.
Perjalanan pemulihan ASABRI tercermin dari pergerakan ekuitas yang membaik dari posisi tahun 2020 sebesar minus Rp13,30 triliun menjadi minus Rp906,74 miliar pada tahun 2024. Perubahan besar ini menandakan wujud nyata upaya perbaikan kinerja Perusahaan yang dilakukan terus menerus dan berkelanjutan dalam upaya memperkuat fondasi keuangan perusahaan, sekaligus menegaskan bahwa transformasi yang dijalankan bukan sekadar slogan, melainkan langkah nyata menuju kinerja yang sehat, berintegritas, dan berkelanjutan.
Pertumbuhan aset yang dicapai, serta perbaikan kondisi ekuitas oleh Perusahaan merupakan hasil kinerja perusahaan yang mengedepankan penerapan prinsip kepatuhan dan tata kelola perusahaan yang baik (good corporate governance), manajemen risiko, serta penguatan tata kelola investasi yang prudent yang dijalankan secara konsisten dan berkesinambungan sehingga seluruh proses kinerja dapat dipertanggungjawabkan secara transparan kepada para pemangku kepentingan. Ketiga pilar utama ini menjadi landasan ASABRI dalam memastikan pengelolaan dana peserta yang transparan, aman, dan berkelanjutan.
"Peningkatan aset ini bukan hanya mencerminkan keberhasilan, tetapi juga wujud nyata komitmen ASABRI sebagai pelindung kesejahteraan sosial bagi Prajurit TNI, Anggota Polri, dan ASN di lingkungan Kementerian Pertahanan dan Polri. Kami akan terus memastikan setiap kebijakan dan langkah strategis perusahaan berorientasi pada kepentingan peserta dengan menjunjung tinggi tata kelola yang baik dan profesionalisme sehingga dapat mewujudkan visi dan misi Perusahaan kedepan." Ujar Jeffry Haryadi P.M., Direktur Utama PT ASABRI (Persero).
Dalam menjalankan strategi transformasinya, ASABRI berfokus pada penerapan Tata Kelola Perusahaan yang Baik (Good Corporate Governance) di setiap lini, disertai dengan inovasi digitalisasi layanan serta pengembangan program-program strategis yang memberikan nilai tambah yang nyata bagi peserta, baik dari sisi layanan maupun manfaat. Komitmen tersebut juga diwujudkan melalui perluasan jangkauan dan kemudahan akses layanan bagi peserta di seluruh Indonesia.
Saat ini, ASABRI memiliki 33 kantor cabang yang tersebar di Seluruh Indonesia dan didukung oleh 13 mitra kerja pembayaran yang mempermudah peserta dalam mengakses layanan. Selain itu, untuk mendekatkan diri kepada peserta, ASABRI menghadirkan ASABRI LINK sebagai titik layanan terpadu yang menjembatani peserta.
Pada tahun 2019 ASABRI Link hadir di 4 titik layanan, kini pada tahun 2025 jumlahnya telah berkembang pesat menjadi lebih dari 1.900 titik layanan di seluruh Indonesia. Tidak sampai disitu, pada tahun 2025 lebih dari 26.000 klaim telah diajukan melalui ASABRI Link. Keberhasilan transformasi layanan digital ASABRI terbukti dari tingkat autentikasi digital peserta pensiun sebesar 96,33% yang tidak hanya mempermudah akses peserta, tetapi juga memperkuat kepercayaan terhadap kualitas layanan ASABRI.
Sebagai bagian dari upaya memperkuat daya saing dan keberlanjutan, ASABRI juga terus meningkatkan kapabilitas organisasi melalui pengembangan kompetensi sumber daya manusia, optimalisasi sistem informasi, serta pemanfaatan teknologi dalam proses bisnis. Langkah-langkah tersebut menjadi bagian dari strategi jangka panjang perusahaan untuk membangun fondasi yang tangguh, adaptif terhadap perubahan, dan responsif terhadap kebutuhan peserta di era digital.
Selain itu, ASABRI senantiasa menjalin komunikasi yang intensif dengan Pemerintah dalam menyampaikan perkembangan terkini terkait aspek operasional, keuangan, maupun layanan kepada peserta. Melalui sinergi tersebut, ASABRI turut berperan aktif dalam proses penyusunan kebijakan dan peraturan terkait asuransi sosial bagi Prajurit TNI, Anggota Polri, serta ASN di lingkungan Kementerian Pertahanan dan Polri, guna memastikan sistem perlindungan yang menyeluruh dan berkelanjutan.
ASABRI berkomitmen untuk terus mewujudkan visinya sebagai pengelola asuransi sosial yang tepercaya, profesional, dan peduli terhadap kesejahteraan peserta. Melalui layanan yang berkualitas, akses yang mudah, dan manfaat yang berdampak, ASABRI terus memperkuat perannya sebagai Sahabat Perjuangan Anda Sepanjang Masa.
Tentang PT ASABRI (Persero): PT ASABRI (Persero) adalah Badan Usaha Milik Negara yang bergerak di bidang asuransi sosial untuk prajurit TNI, anggota Polri, ASN Kementerian Pertahanan, dan ASN Polri. Dengan berpedoman pada nilai Asta Cita, ASABRI terus memberikan layanan unggul, mengutamakan integritas, dan mendorong inovasi demi mendukung kesejahteraan para pesertanya. Selain itu, ASABRI berkomitmen menjaga ketahanan pertahanan dan keamanan nasional dengan memastikan kesejahteraan para prajurit dan keluarganya.
Untuk informasi lebih lanjut, hubungi:
Humas PT ASABRI (Persero)
humas@asabri.co.id
www.asabri.co.id
Aset Meningkat, Wujud Konsistensi ASABRI dalam Tata Kelola dan Pelayanan Kian Menguat
Asabri | Jum'at, 21 November 2025
ASABRI Ikuti Uji Publik Keterbukaan Informasi Publik Tahun 2025
Asabri | Jum'at, 21 November 2025