Call Center : 1500043

Berita Utama

Asabri | Rabu, 05 November 2025

Wujudkan Semangat Sumpah Pemuda, ASABRI melalui Kantor Cabang Jayapura Teguhkan Komitmen Pelayanan di Ujung Timur Negeri

Asabri | Rabu, 05 November 2025

Wujudkan Semangat Sumpah Pemuda, ASABRI melalui Kantor Cabang Jayapura Teguhkan Komitmen Pelayanan di Ujung Timur Negeri

Siaran Pers
PR-65/HM.05.01/B/XI/2025


PT ASABRI (Persero) terus meneguhkan komitmennya untuk hadir bagi Peserta di seluruh penjuru negeri. Sebagai pengelola asuransi sosial bagi prajurit TNI, anggota Polri, dan ASN di lingkungan Kemhan dan Polri, ASABRI memastikan setiap pengabdian mendapat perlindungan yang layak, di mana pun mereka bertugas. ASABRI melalui Kantor Cabang Jayapura menjadi salah satu bukti nyata kehadiran negara di wilayah Timur Indonesia. Wilayah Papua dengan kondisi geografis yang menantang tak menjadi penghalang bagi ASABRI untuk memberikan layanan yang optimal. Melalui komitmen dan dedikasi Insan ASABRI di wilayah Papua, ASABRI terus menjangkau Peserta yang berdinas di daerah pegunungan, pedalaman, dan perbatasan negara.

"ASABRI bukan hanya nama lembaga, tetapi perwujudan hadirnya negara bagi para penjaga kedaulatan. Kami memastikan setiap Peserta, terutama di wilayah Papua, merasakan layanan dan perlindungan yang sama," ujar Bayu, Kepala Cabang ASABRI Jayapura.

Sesuai dengan Peraturan Pemerintah Nomor 102 Tahun 2015 sebagaimana telah diubah dengan Peraturan Pemerintah Nomor 54 Tahun 2020, ASABRI mengelola empat program utama, yakni Tabungan Hari Tua (THT), Jaminan Kecelakaan Kerja (JKK), Jaminan Kematian (JKM), dan Pensiun. ASABRI memberikan penghargaan atas pengabdian yang diberikan Peserta. Tidak hanya bagi yang masih aktif bertugas, tetapi juga hingga masa purna tugas dan bagi ahli waris/keluarga Peserta yang gugur/tewas/meninggal dunia dalam menjalankan tugas negara.

Selain melalui layanan tatap muka, ASABRI juga memperluas akses layanan melalui aplikasi ASABRI Mobile, yang memudahkan Peserta untuk mengakses informasi kepesertaan, memantau manfaat, hingga mendapatkan panduan layanan tanpa harus datang langsung ke kantor. Inovasi ini menjadi bagian dari transformasi digital ASABRI untuk menjangkau seluruh Peserta di Nusantara, termasuk di wilayah Papua.

Mendengar dan Menerima Suara dari Peserta
Momentum Sumpah Pemuda tahun 2025 menjadi pengingat bagi seluruh insan ASABRI Kantor Cabang Jayapura bahwa semangat muda, persatuan, dan dedikasi harus selalu hidup dalam setiap langkah layanan. Di ujung timur negeri ini, semangat pengabdian itu terus menyala, dari Peserta yang masih bertugas menjaga perbatasan, hingga purnawirawan yang telah menjalankan masa baktinya kepada bangsa, dan keluarga mereka yang menjadi saksi ketulusan pengabdian.

Kantor Cabang ASABRI Jayapura juga melaksanakan Survei Kepuasan Pelanggan yang telah diselenggarakan pada tanggal 1-10 Oktober 2025 di Kantor Cabang ASABRI Jayapura yang melibatkan 85 responden. Survei ini terdiri atas 51 Peserta pensiun, 17 Peserta aktif, dan 17 ahli waris, yang mewakili berbagai latar belakang serta pengalaman dalam berinteraksi dengan layanan ASABRI. Survei ini menjadi tolok ukur penting dalam mendengarkan aspirasi Peserta, memahami kebutuhan mereka, dan memperbaiki proses layanan agar semakin responsif dan profesional.

Lebih dari sekadar pengumpulan data, Survei Kepuasan Pelanggan di Kantor Cabang ASABRI Jayapura menjadi sarana komunikasi dua arah antara Peserta dan Insan ASABRI di Jayapura. Setiap masukan dan saran yang diberikan oleh Peserta menjadi cerminan nyata harapan dan pengalaman mereka terhadap layanan ASABRI selama ini. Dengan mendengarkan langsung suara Peserta, ASABRI dapat mengidentifikasi area yang masih perlu diperbaiki sekaligus mempertahankan keunggulan yang telah diapresiasi oleh pengguna layanan.

"Kami percaya, layanan yang baik tidak cukup hanya diukur dari seberapa cepat atau lengkap, tetapi dari sejauh mana Peserta merasa dihargai dan didengarkan. Melalui survei ini, kami ingin menjadikan Peserta sebagai bagian dari proses peningkatan mutu layanan ASABRI," ujar Bayu.

Hasil survei ini akan menjadi bahan evaluasi penting bagi manajemen dalam menyusun kebijakan peningkatan mutu layanan dan mengembangkan berbagai inovasi yang lebih adaptif terhadap dinamika kebutuhan Peserta, khususnya di wilayah timur Indonesia. Secara keseluruhan, Survei Kepuasan Pelanggan dilaksanakan di seluruh Indonesia melalui 6 (enam) Kantor Cabang dengan total 500 responden.

Partisipasi aktif dari para Peserta dalam survei ini menunjukkan adanya semangat kebersamaan untuk membangun layanan yang lebih baik. Hubungan antara ASABRI dan Peserta pun semakin erat, bukan hanya sebagai penerima manfaat, tetapi sebagai mitra dalam upaya bersama menghadirkan layanan publik yang unggul dan berintegritas.

Selain fokus pada peningkatan mutu layanan, ASABRI Kantor Cabang Jayapura juga menunjukkan komitmennya melalui penyaluran manfaat klaim bagi peserta yang mengalami risiko tugas selama tahun 2025. Hingga bulan Oktober 2025, ASABRI Kantor Cabang Jayapura telah memproses 14 klaim SRKK Gugur dan Tewas dengan total nilai santunan Rp6.000.000.000, dengan 11 klaim SRKK Gugur dengan total nilai santunan sebesar Rp4.950.000.000,- serta 3 klaim SRKK Tewas dengan total santunan Rp1.050.000.000,-.

Santunan ini diberikan kepada ahli waris peserta sebagai wujud penghargaan atas jasa dan pengorbanan mereka dalam menjaga keutuhan bangsa. Proses Penyerahan santunan dilakukan dengan cepat, tepat, dan penuh empati agar manfaat dapat segera dirasakan oleh keluarga. Kepala Bidang Komunikasi Korporasi PT ASABRI (Persero) Kartika Rahmadayanti menegaskan Dengan semangat Sumpah Pemuda yang menginspirasi persatuan dan kemajuan, ASABRI menjadikan setiap hasil survei ini sebagai bahan bakar untuk terus berinovasi. Karena bagi ASABRI, kepuasan Peserta bukan sekadar angka dalam laporan, melainkan cerminan keberhasilan dalam mengabdi kepada bangsa dan negara melalui layanan yang berkualitas, akses yang mudah, dan manfaat yang berdampak. Hal ini juga menjadi semangat bagi ASABRI sebagai Sahabat Perjuangan Anda Sepanjang Masa.


ASABRI Sahabat Perjuangan Anda Sepanjang Masa

Tentang PT ASABRI (Persero): PT ASABRI (Persero) adalah Badan Usaha Milik Negara yang bergerak di bidang asuransi sosial untuk prajurit TNI, anggota Polri, ASN Kementerian Pertahanan, dan ASN Polri. Dengan berpegang pada nilai Asta Cita, ASABRI terus memberikan layanan unggul, mengutamakan integritas, dan mendorong inovasi demi mendukung kesejahteraan para pesertanya guna mendukung pemantapan sistem pertahanan keamanan negara. Selain itu, komitmen ASABRI untuk menjaga ketahanan pertahanan dan keamanan nasional dilakukan dengan memastikan kesejahteraan para prajurit dan keluarganya.

Informasi mengenai ASABRI, dapat diketahui melalui website ASABRI www.asabri.co.id. Komunikasi lebih lanjut tentang layanan ASABRI dapat dilakukan melalui call center 1500043.

Untuk informasi lebih lanjut, hubungi:
Humas PT ASABRI (Persero)
humas@asabri.co.id
www.asabri.co.id