Call Center : 1500043

Berita Utama

Asabri | Jum'at, 18 Juli 2025

KOMITMEN ASABRI MEMBANGUN EKOSISTEM KETERBUKAAN INFORMASI

Asabri | Jum'at, 18 Juli 2025

KOMITMEN ASABRI MEMBANGUN EKOSISTEM KETERBUKAAN INFORMASI

Siaran Pers
PR-35/HM.05.01/B/VII/2025

ASABRI Wujudkan Keterbukaan dan Inklusivitas melalui Informasi yang Berkualitas, Mudah, dan Berdampak bagi Peserta, Keluarga, dan Masyarakat

Keterbukaan informasi publik bukan sekadar mandat undang-undang, tetapi merupakan bentuk nyata keberpihakan pada rakyat. Selaras dengan amanah Undang-Undang Nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik dan visi ASABRI untuk Menjadi Pengelola Asuransi Sosial Tepercaya, Profesional, dan Peduli kepada Kesejahteraan Peserta, ASABRI menegaskan komitmennya untuk membangun ekosistem keterbukaan informasi yang menyeluruh, setara, dan berdampak bagi Peserta ASABRI dan Keluarga, serta seluruh masyarakat Indonesia yang tersebar dari Sabang hingga Merauke.

ASABRI menyadari bahwa informasi adalah hak dasar setiap warga negara. Ketika informasi dikelola dengan tepat, mudah diakses, dan disampaikan dengan empati, maka terwujudlah kepercayaan yang menjadi fondasi kuat bagi hubungan antara negara dan rakyat. Sebagai BUMN yang menjalankan amanah Peraturan Pemerintah Nomor 102 tahun 2015 sebagaimana telah diubah dengan Peraturan Pemerintah Nomor 54 Tahun 2020, ASABRI mengelola asuransi sosial bagi prajurit TNI, anggota Polri, serta ASN di lingkungan Kemhan dan Polri, ASABRI terus bertransformasi agar informasi tidak hanya sampai pada lingkup pusat, tetapi juga menjangkau daerah-daerah, perbatasan, dan pulau-pulau terluar.

Keterbukaan informasi publik merupakan amanat undang-undang yang harus kita laksanakan dengan penuh tanggung jawab. lebih dari itu, keterbukaan informasi adalah bentuk penghormatan kepada masyarakat. Di ASABRI, keterbukaan informasi bukan sekadar rutinitas administratif, melainkan bentuk penghormatan kepada hak masyarakat untuk tahu, serta cermin dari tata kelola Perusahaan yang transparan, partisipatif, dan akuntabel. ujar Jeffry Haryadi P. Manullang, Direktur Utama PT ASABRI (Persero).

Dengan komitmen keterbukaan informasi publik, ASABRI mengusung keterbukaan informasi sebagai kekuatan strategis yang menyatukan pelayanan prima, pemanfaatan teknologi, dan komunikasi yang berdampak. Sebagai bagian dari misinya, ASABRI memastikan setiap informasi yang disampaikan tidak hanya akurat, tetapi juga mudah dipahami, relevan, dan mampu menjawab kebutuhan peserta serta keluarga mereka.

Informasi yang baik adalah informasi yang menyentuh. Ia tidak sekadar hadir di layar, tetapi hadir di hati. Itulah semangat kami: menjadikan informasi sebagai wujud perhatian, keadilan, dan keberpihakan, tambah Jeffry.

Dalam semangat memperluas akses informasi, ASABRI juga terus memperkuat kanal-kanal digital seperti ASABRI Mobile, ASABRI STAR, serta memperluas jangkauan ASABRI Link hingga lebih dari 1.900 titik di seluruh Indonesiamewujudkan pemerataan akses pelayanan dan informasi hingga ke lapisan masyarakat paling jauh dari pusat kota.

Kehadiran Komisi Informasi Pusat dalam mendampingi dan membimbing keterbukaan informasi publik di ASABRI memperkuat sinergi antarlembaga. Wakil Ketua Komisi Informasi Pusat, H. Arya Sandhiyudha,Ph.D, menekankan pentingnya inovasi dan relevansi informasi dalam memenuhi hak publik.

Setiap badan publik memiliki karakter unik dalam menerjemahkan keterbukaan informasi. Inovasi diperlukan agar informasi bukan hanya tersedia, tapi dibutuhkan dan ditunggu oleh publik. Dan informasi yang dibutuhkan adalah informasi yang memudahkan masyarakat untuk mengambil keputusan, ujar Arya.

Senada dengan itu, Samrotunnajah Ismail, SE., M.Si, Komisioner Bidang Sosialisasi, Edukasi dan KomunikasiPublik, Komisi InformasiPusat, menambahkan bahwa keterbukaan adalah jembatan strategis yang mempererat hubungan antara negara dengan publik.

Informasi publik harus hadir dengan keberpihakanberempati, inklusif, dan membangun kepercayaan. Setiap informasi yang disajikan adalah informasi yang menjawab kebutuhan publiknya. Komitmen keterbukaan informasi publik, lebih dari sekadar memberikan data dan informasi, tetapi juga untuk memberikan layanan yang memudahkan, ungkap Samrotunnajah.

ASABRI, Sahabat Perjuangan Anda Sepanjang Masa

Bagi ASABRI, keterbukaan informasi bukan hanya tentang memberikan data atau menjawab pertanyaan. Ini adalah bagian dari jati diri perusahaan sebagai "Sahabat Perjuangan Anda Sepanjang Masa." Ini bukan sekadar slogan, tetapi cermin dari tekad untuk selalu hadir bersama para pesertabaik saat bertugas maupun saat memasuki masa pensiun.

Sebagai sahabat perjuangan, ASABRI berkewajiban tidak hanya memberikan perlindungan finansial, tetapi juga memberikan kejelasan, ketenangan, dan kepercayaan. Dan semua itu berawal dari informasi yang jujur, jelas, mudah dipahami, dan bermakna. Karena dalam setiap baris informasi, ada kehadiran negara. Dalam setiap kabar yang disampaikan, ada perhatian. Dalam setiap keterbukaan, ada penghormatan pada pengabdian.

Komitmen ini menjadi fondasi dalam membangun ASABRI yang lebih inklusif, informatif, dan berkeadilan. ASABRI hadir tidak hanya di tengah-tengah para Peserta dan keluarga, tetapi di setiap hati yang percaya bahwa negara tidak akan meninggalkan pejuangnya.

ASABRI Hadir untuk Semua

Melalui keterbukaan informasi publik yang berkualitas dan inklusif, ASABRI menjalankan transformasi bukan hanya dalam sistem, tetapi juga dalam nilai. Ini adalah kerja bersama, kerja nyata, dan kerja untuk rakyatmenyatukan pelayanan, komunikasi, dan keberpihakan sosial dalam satu tujuan membawa manfaat dan rasa aman kepada Peserta dan Keluarga mereka di seluruh Indonesia.

ASABRI,
Sahabat Perjuangan Anda Sepanjang Masa

Tentang PT ASABRI (Persero): PT ASABRI (Persero) adalah Badan Usaha Milik Negara yang bergerak di bidang asuransi sosial untuk prajurit TNI, anggota Polri, ASN Kementerian Pertahanan, dan ASN Polri. Dengan berpegang pada nilai Asta Cita, ASABRI terus memberikan layanan unggul, mengutamakan integritas, dan mendorong inovasi demi mendukung kesejahteraan para pesertanya guna mendukung pemantapan sistem pertahanan keamanan negara. Selain itu, komitmen ASABRI untuk menjaga ketahanan pertahanan dan keamanan nasional dilakukan dengan memastikan kesejahteraan para prajurit dan keluarganya.

Informasi mengenai ASABRI, dapat diketahui melalui website ASABRI www.asabri.co.id. Komunikasi lebih lanjut tentang layanan ASABRI dapat dilakukan melalui call center 1500043.

Untuk informasi lebih lanjut, hubungi:
Humas PT ASABRI (Persero)
humas@asabri.co.id
www.asabri.co.id

BERITA UTAMA