Call Center : 1500043

Berita Utama

Asabri | Rabu, 16 Juli 2025

Menjemput Asa, Menjaga Hak Peserta di Masa Purnawira dengan Sepenuh Hati

Asabri | Rabu, 16 Juli 2025

Menjemput Asa, Menjaga Hak Peserta di Masa Purnawira dengan Sepenuh Hati

PR-33/HM.05.01/B/VII/2025

Harmonisasi Teknologi dalam Menjawab Tantangan untuk Memastikan Setiap Hak Tersampaikan.

Banjarmasin, 14 Juli 2025. Di era transformasi digital, kecepatan dan ketepatan layanan menjadi tolok ukur keberhasilan sebuah institusi, termasuk PT ASABRI (Persero). Transformasi ASABRI menjawab kebutuhan Peserta dan tantangan zaman, salah satunya dengan menghadirkan ASABRI STAR dan ASABRI Mobile, yang merupakan aplikasi yang dirancang untuk memudahkan para peserta ASABRI dalam mengakses layanan ASABRI.

Untuk peserta pensiun, aplikasi ASABRI STAR memudahkan proses autentikasi digital, yang memungkinkan para pensiunan untuk melakukan verifikasi diri peserta melalui perekaman wajah secara online tanpa perlu mengunjungi kantor cabang ASABRI secara langsung.

Dengan autentikasi digital, pensiunan dapat melakukan verifikasi identitas melalui fitur autentikasi wajah, memastikan keamanan dan kemudahan dalam proses pencairan dana pensiun.

Namun, di balik kemajuan teknologi ini, ASABRI tak menutup mata terhadap tantangan yang masih dihadapi sebagian Peserta, terutama mereka yang sudah lanjut usia atau sedang sakit. Menjawab tantangan tersebut, ASABRI melakukan inisiatif Layanan Kunjungan Penerima Pensiun (LKPP).

LKPP: Sebuah langkah nyata dan penuh empati

Bukan sekadar layanan administratif, tetapi LKPP merupakan sebuah wujud perhatian untuk memastikan tak satu pun pejuang bangsa terlewat dari haknya. ASABRI hadir, menjemput bola, melangkah lebih dekat demi menyapa dan membantu langsung ke rumah-rumah para peserta.

Salah satunya adalah kunjungan ke rumah keluarga Ibu Rusmilawaty, salah satu peserta ASABRI yang merupakan seorang warakawuri dari Pensiunan Prajurit TNI yaitu Alm. Pelda (Purn) Guyang. Karena sakit, beliau tidak dapat melakukan autentikasi digital, sehingga melalui kunjungan LKPP, ASABRI tak hanya memverifikasi hak pensiun, tetapi juga memberi edukasi mengenai penggunaan aplikasi ASABRI mobile dan ASABRI STAR.

Ibu saya senang karena merasa diperhatikan. Terima kasih ASABRI telah datang membantu, karena kami kesulitan, ujar putri Ibu Rusmilawaty. Sebuah kesaksian tulus yang menggambarkan arti hadirnya ASABRI sebagai sahabat perjuangan sepanjang masa, dan bukan hanya sekadar penyedia layanan.

Kepala Kantor Cabang PT ASABRI (Persero) Banjarmasin, Danar Dwi Andanu, menyatakan bahwa kegiatan LKPP ini bukan seremonial, tetapi gerakan nyata penuh makna yang ASABRI lakukan untuk peserta ASABRI. Tim ASABRI melaksanakan kunjungan satu per satu alamat pensiunan yang belum melakukan autentikasi rutin maupun belum melaporkan Surat Pernyataan Tanda Bukti Diri (SPTB) secara berkala.

Kami datang untuk mendengarkan, membantu, dan menjadi sahabat. Dengan semangat Sahabat Perjuangan Anda Sepanjang Masa, kedatangan ASABRI menjadi pelukan nyata yang melindungi hak para peserta ASABRI yang berperan sebagai pahlawan bangsa, ujar Danar.

Program LKPP yang dilaksanakan Kancab Banjarmasin diutamakan untuk kategori Peserta pensiun, yakni:

  1. Pensiunan penerima manfaat khusus - ASABRI memberikan dukungan kepada pensiunan yang tidak dapat melakukan autentikasi digital karena sakit sehingga dapat melakukan verifikasi identitas secara manual.
  2. Pensiunan yatim piatu - ASABRI peduli terhadap keluarga prajurit yang gugur dan memberikan dukungan untuk memastikan hak-hak mereka terlindungi.

Kesejahteraan untuk Peserta Sepanjang Masa

Di balik setiap kunjungan, ada makna lebih dalam: menjaga martabat, menghormati pengabdian, dan memastikan tidak ada hak yang terlewat. Bagi ASABRI, ini bukan kewajiban administratif, tetapi panggilan moral dan tanggung jawab ASABRI guna terus meningkatkan kualitas layanan yang responsif, humanis, dan tepat sasaran bagi TNI, Polri, dan ASN Kemhan/Polri serta keluarganya.

Tak hanya itu, LKPP juga menjadi bagian dari upaya mendukung visi besar Asta Cita Presiden Prabowo Subianto. Dengan pendekatan proaktif dan inklusif, ASABRI berkontribusi nyata dalam membangun ketahanan sosial dan ekonomi bagi para pejuang negeri . Dengan menghadirkan layanan berbasis proaktif sebagai bagian dari peningkatan Layanan Berkualitas ini, ASABRI tidak hanya menjaga kesejahteraan peserta ASABRI yang telah memasuki usia pensiun dan ahli waris Peserta serta Keluarga, tetapi juga ikut berkontribusi dalam membangun ekosistem ekonomi mandiri dan ketahanan sosial bagi para pejuang bangsa melalui pemberian akses yang mudah dan manfaat yang berdampak.

Tentang PT ASABRI (Persero): PT ASABRI (Persero) adalah Badan Usaha Milik Negara yang bergerak di bidang asuransi sosial untuk prajurit TNI, anggota Polri, ASN Kementerian Pertahanan, dan ASN Polri. Dengan berpegang pada nilai Asta Cita, ASABRI terus memberikan layanan unggul, mengutamakan integritas, dan mendorong inovasi demi mendukung kesejahteraan para pesertanya. Selain itu, ASABRI berkomitmen menjaga ketahanan pertahanan dan keamanan nasional dengan memastikan kesejahteraan para prajurit dan keluarganya.

Untuk informasi lebih lanjut, hubungi:
Humas PT ASABRI (Persero)
humas@asabri.co.id
www.asabri.co.id